SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT. TOYOTA ASTRA MOTOR
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA
PT. TOYOTA ASTRA MOTOR
SEJARAH PT. TOYOTA ASTRA MOTOR
PT Astra International Tbk (“Perseroan”) didirikan pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International
Incorporated. Pada tahun 1990, Perseroan mengubah namanya menjadi PT
Astra International Tbk.Perusahaan ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April1990. Saat ini mayoritas kepemilikan
sahamnya dimiliki oleh Jardine Cycle & Carriage's sebesar 50,1%.
Perseroan berdomisili
di Jakarta, Indonesia, dengan kantor pusat di JI. Gaya Motor Raya No. 8, Sunter
II, Jakarta. Ruang lingkup kegiatan Perseroan seperti yang tertuang dalam
Anggaran Dasarnya adalah perdagangan umum, perindustrian, jasa pertambangan,
pengangkutan, pertanian, pembangunan dan jasa konsultasi.Ruang lingkup kegiatan
utama entitas anak meliputi perakitan dan penyaluran mobil, sepeda motor
berikut suku cadangnya, penjualan dan penyewaan alat berat, pertambangan dan
jasa terkait, pengembangan perkebunan, jasa keuangan, infrastruktur dan
teknologi informasi.PT Toyota Astra Motor adalah salah satu perusahaan terbesar
distributor kendaraan produk Toyota.Saat ini, PT. TAM mempunyai cabang yang
tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan pusatnya berada di Jakarta.PT Toyota
Astra Motorsendiri mempunyai divisi - divisi yang menangani penjualan produk ke
pelanggan.Salah satunya yaitu divisi Duty Free Sales, yaitu divisi yang
menangani penjualan produk Toyota yang dikhususkan untuk organisasi
nonpemerintah/internasional maupun kedutaan asing di Indonesia.
PT TOYOTA ASTRA MOTOR
Perusahaan besar milik PT Astra
Honda Motor yang merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran
di Indonesia, sebuah pengembangan kerjasama antara Honda Motor Company Limited,
Jepang dan PT Astra International Tbk, Indonesia. Keunggulan teknologi Honda
Motor tidak terlepas dari peran sistem teknologi informasi yang dikembangkan
untuk mampu menjawab kebutuhan-kebutuhan perusahaan dan pelanggan. Astra
International sendiri memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang kebutuhan
para pemakai sepeda motor di Indonesia, berkat sistem jaringan pemasaran dan
pengalamannya yang luas. Astra juga mampu memfasilitasi pembelian dan
memberikan pelayanan purna jual sedemikian rupa sehingga brand Honda semakin
unggul.
PT Astra Honda Motor merupakan satu
contoh perusahaan yang telah menerapkan database
Oracle dengan system terintegrasi antara sistem logistik dengan sistem
manajemen penjualan, pemasaran dan keuangan yang cukup sesuai dengan kebutuhan
dan sistem informasi manajemen PT Astra Honda Motor, selain itu pengaplikasian ERP (enterprise
resources planing) dengan sistem yg telah ada, juga menambah manfaat yang
dirasakan oleh AHM, karena setiap
pertengahan bulan AHM sudah memperoleh informasi dari bagian pemasaran mengenai
jumlah motor yang akan dijual bulan depan. Dengan kondisi seperti ini bagian
produksi dapat merencanakan tipe apa saja yang akan diproduksi termasuk jumlah
komponen yang dibutuhkan dan menginformasikan kepada 120 perusahaan pemasok
mengenai kebutuhan tersebut. Dalam mengaplikasikan ERP, AHM menggunakan e-mail
sebagai media untuk mengetahui informasi yang diberikan oleh bagian pemasaran
karena lokasi pabrik berada di Cikarang dan bagian pemasaran AHM berada di Jakarta. Dalam hubungan AHM dengan vendor ternyata masih ada yang dilakukan
tanpa online. Dokumen pemesanan (purchasing order/PO) diberikan setiap
kali vendor mengirimkan komponen ke
pabrik. PO ini dilengkapi dengan BCT (Bar
Code Text) yang pada saat bersamaan memberi instruksi untuk pengiriman
berikutnya yang harus dipenuhi oleh vendor. Dalam BCT memuat nama vendor, nama suku cadang jumlah dan jam delivery-nya. Untuk menjaga hubungan komunikasi dengan vendor AHM masih menggunakan telepon dan
faximile dan belum menggunakan internet.
Dengan
persaingan yang semakin ketat dan banyaknya usaha pemasaran yang dilakukan oleh
masing-masing perusahaan untuk mendapatkan hasil penjualan yang
setinggi-tingginya, maka PT Astra Honda Motor yang merupakan hasil dari
kerjasama antara Honda Motor Company Limited, Jepang dan PT Astra
International Tbk, Indonesia berusaha untuk mencapai penjualan yang tinggi di
mata konsumen, dengan terjalinnya kerjsama antara keempat instansi tersebut
maka kualitas product semakin unggul di mata konsumen, suksesnya PT Astra Honda
Motor tersebut juga tidak lepas dari peran Sistem Informasi manajemen yang
bertujuan untuk mengetahui jumlah
product yang akan diproduksi oleh perusahaan dan permintaan konsumen.
PT Astra Honda Motor menerapkan database Oracle (Data Base adalah sebuah bank data yang di jangkau
oleh system. Database memuat seluruh data perusahaan yang peranannya sangat
penting, bagi kelancaran organisasi , sehingga dibutuhkan suatu manajemen
pengolahan yang baik)dengan system terintegrasi antara sistem logistik dengan
sistem manajemen penjualan, pemasaran dan keuangan yang cukup sesuai kebutuhan
dan sistem informasi manajemen PT Astra Honda Motor, selain itu AHM menggunakan
ERP (enterprise resources planing), gunanya ialah untuk mengetahui motor
yang akan dijual bulan depan, sehingga bagian produksi dapat merencanakan tipe
apa saja yang akan diproduksi termasuk jumlah komponen yang dbutuhkan, dan
kemudian dapat diinformasikan kepada pemasok
Dalam
mengaplikasikan ERP, AHM menggunakan e-mail sebagai media untuk mengetahui
informasi yang diberikan oleh bagian pemasaran. Dokumen pemesanan (purchasing order/PO) diberikan setiap
kali vendor mengirimkan komponen ke
pabrik. Untuk menjaga hubungan komunikasi dengan vendor AHM masih menggunakan telepon dan faximile dan belum
menggunakan internet.
GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Pengolahan data,informasipelanggan PTToyotaAstraMotor masih menggunakan pencatatan secara spreadsheet. Data yang
begitu banyak membutuhkan waktu untuk penyususan laporan dan juga
pencetakan dokumen.Oleh karena itu, dibangun sistem yang memudahkan perusahaan
untuk menginformasikan data dan juga pelaporan.MDP Online adalah aplikasi web
yang dirancang untuk dapat memberikan layanandata MDP (Monthly Delivery Plan)
secara online kepada user yang berada di Toyota Astra Motor, Main Dealer,
Zone serta Dealer Cabang.Data MDP berisi data rencana produksi kendaraan
beserta nilai aktualnya untuk setiap periode produksi tertentu. Data-data
tersebut sangat dibutuhkan oleh TAM, Main Dealer, Zone maupun dealer Cabang.
Dengan diimplementasikan sistem MDP Online ini, banyak manfaat yang
diperoleh PT ToyotaAstraMotor dalam pendistribusian MDP diantaranya penghematan kertas-kertas untuk
pendistribusian secara hardcopy dan laporan-laporan yang dibutuhkan,
penghematan tinta printer berkaitan denganpendistribusian data MDP dan
laporanlaporan yang diperlukan, peningkatan janji delivery kepada
customer karena pihak 60 dealer dapat memberikan data yang tepat secara cepat,
peningkatan akurasi data MDP yang berdampak pada berkurangnya tingkat kesalahan
dalam pembuatan data MDP, proses distribusi data MDP menjadi lebih cepat dan
akurat yang tadinya memerlukan waktu 3 hari untuk distribusi data MDP sampai ke
main dealer/dealer sekarang hanya butuh waktu 10 menit saja maka pihak main
dealer/dealer sudah menerima data MDP, proses MDP resived lebih cepat
untuk proses pengiriman atau pembatalan pengiriman dari main
dealer/dealer yang diinformasikan kepada pelanggan yang tadinyahanya dilakukan
2 kali dalam seminggu sekarang dapat dilakukan setiap jam. Sistem informasi
MDP Online yang diimplementasikan di PT. Toyota Astra Motor bertujuan untuk
menangani distribusi data MDP kepada main dealer atau dealarmengenai data
kendaraan yang diproduksi untuk membantu main dealer atau dealer,
memberikan janji delivery kepada customer. Untuk dapat merencanakan aktivitas
penjualan dengan baik sehingga dapatmencapai target yang telah ditetapkan, PT.
Toyota Astra Motor memberikan informasi mengenai produk kendaraan yang
didistribusikan setiap bulannya melalui Monthly Delivery Plan (MDP).
APLIKATOR YANG
DIGUNAKAN PTTOYOTA ASTRA MOTOR
Didalam perusahaan ini terdapat tiga
peran aktor,yaitu:
a.
Admin gudang,yaitu orang yang
bertugas dan memiliki hak akses untukmengelola data mobil dan mengelola data
user
b.
Admin toyota,yaitu orang yang bertugas
untuk mengelola data kedutaan dan data pelanggan
c.
Manager, yaitu orang yang bertugas
untuk mengubah status dokumen dan melihat laporan penjualan.
PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANEJEMEN PTTOYOTA ASTRA MOTOR
Secara garis besar, penerapan sistem informasi
yang terintegrasi dalam perusahaan dapat membantu hampir seluruh proses bisnis
yang dijalankan.Sistem informasi terintegrasi dianggap dapat mendukung
manajemenstrategis perusahaan mencapai target meningkatkan profit.
Beberapa alasan penerapan sistem informasi perusahaan antara lain :
a.
Dapat mencakup
seluruh fungsi bisnis baik manufaktur, pemasaran, finansial, level manajemen,
dan lainnya
b.
Sebagai sarana
pengumpulan, pengolahan, dan distribusi data antar komponen dalam organisasi
perusahaan.
c.
Sebagai penyedia
data atau informasi baik yang dari internal maupun eksternal perusahaan untuk
mendukung proses “decision making” yang lebih cepat dan aktual pada berbagai
level dalam organisasi.
d.
Mempermudah
komunikasi antar fungsi sehingga lebih mudah berkoordinasi dalam pengambilan
keputusan
e.
Memungkinkan
efisiensi jumlah pegawai karena beberapa pegawai dapat merangkap dengan jabatan
administratifnya.
f.
Dimanfaatkan
sebagai strategi bersaing terhadap kompetitor dengan memaksimalkan penggunaan
teknologi informasi yang dimiliki disesuaikan dengan struktur organisasi dan
standar kerja. Teknologi sistem informasi tersebut dapat sekaligus dijadikan
dasar perbandingan komparatif dengan yang diterapkan kompetitor.
Di samping alasan penerapan sistem informasi
perusahaan tersebut terdapat beberapa kendala bagi perusahaan ini untuk
menerapkan sistem informasi dengan teknologi yang lebih canggih antara lain:
a.
Diperlukan pegawai
dengan batas kualifikasi pendidikan atau pengalaman tertentu yang dianggap
dapat mengoperasikan teknologi sistem informasi yang diterapkan perusahaan
beserta komputasi pengolahan data
b.
Diperlukan
pelatihan bagi pegawai mengenai pengoperasian teknologi sistem informasi.
c.
Instalasi perangkat
sistem informasi dengan teknologi yang lebih canggih membutuhkan biaya yang
lebih tinggi agar dapat sesusai dengan sistem organisasi perusahaan.
d.
Terdapat
kemungkinan perubahan struktur organisasi dan standar kerja masing-masing unit
untuk menyesuaikan dengan sistem informasi yang baru.
e.
Manajemen
perusahaan seharusnya dapat memilih dan mengatur sistem informasi yang
diterapkan disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan perusahaan saat diperlukan
perubahan sistem informasi. Selain itu juga perlu dikenali unit apa saja yang
kinerjanya mungkin menurun jika dipaksa dengan standar penerapan sistem
informasi tersebut.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT. TOYOTA ASTRA MOTOR
Kelebihannya antara lain:
a.
Mampu mengitegrasi
berbagai fungsi bisnis berbeda untuk menjamin sarana komunikasi yang tepat demi
produktifitas perusahaan.
b.
Perangkat lunak
yang tersedia dapat sangat membantu kegiatan di beberapa fungsi bisnis perusahaan.
c.
Mampu mengatur
keterkaitan antar proses yang bersesuaian sehingga mempermudah pelacakan
material, keuangan, dan sumber daya lain yang kompleks.
Sedangkan kekurangan penerapan SI adalah
a.
Kustomisasi
software yang disediakan SAP terbatas sehingga pada perusahaan tertentu
diperlukan penyesuaian modul SAP dengan sistem yang dijalankan atau
dikombinasikan dengan perubahan alur kerjanya.
b.
Penerapan SAP
memerlukan biaya yang tinggi, baik pengadaan perangkat, instalasi program,
biaya pegawai dengan keahlian di bidang SAP, serta berbagai maintenance
teknologi sistem ERP.
c.
Penggunaan data
yang disimpan dalam sistem ERP sensitif terhadap perusakan sistem yang mungkin
dilakukan pihak tertentu. Jika terjadi pembobolan sistem keamanan dan hacker
merubah sistem program ERP dengan tujuan tertentu maka dapat mengancam
kelancaran kinerja pada suatu fungsi dalam perusahaan.
Referensi nya dari mana
BalasHapusBest videos with no ffffd | Videoodl.cc
BalasHapusDiscover Best videos with no ffffd. Discover the best videos with no ffffd. Enjoy great youtube mp4 videos on vimeo, youtube, and more.